UTS Artificial Intelligence
UTS Kuliah Artificial Intelligence
Dosen :
Djadja Achmad Sardjana ST,MM.
STMIK DCI
Tasikmalaya
1.
Jelaskan komponen-komponen sistem
cerdas serta fungsi masing-masing dan keterkaitan antar komponen tersebut.
Jawab:
Sistem
Cerdas sendiri memiliki 3 komponen dasar, diantaranya
ü Artificial Neural Network
Komponen yang pertama yaitu Artificial
Neural Network, membahas tentang “bagaimana sel syaraf otak manusia
bekerja?”. Artificial Neural Network (ANN) merupakan asitektur dari sel
syaraf otak manusia serta simulasi bagaimana sel dyaraf otak bekerja.
Artificial Neural Network atau dapat diartikan “Jaringan Syaraf Tiruan”
merupakan studi tentang meniru cara kerja sel syaraf otak dimana dapat
mengendalikan tindakan, tingkah laku sesuai dengan keadaan lingkungan, menghasilkan
suatu respon seperti gerakan tubuh dan mimic wajah.
ü Artificial Intelligence
Komponen yang kedua yaitu Artificial
Intelligence, membahas tentang “bagaimana mesin dapat berpikir, berlogika,
bertindak seperti manusia ?”. Artificial Intelligence (AI) merupakan
simulasi, sesuatu yang dimodelkan, mengkonsepkan bagaimana manusia itu
berlogika. Artificial Intelligence (AI) atau dapat diartikan “kecerdasan
buatan” merupakan studi tentang membuat teknologi dimana dapat melakukan
hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia dan dapat membantu pekerjaan manusia.
Dari berbagai sudut pandang, dari sudut pandang kecerdasan, Artificial
Intelligence mampu membuat mesin menjadi cerdas karena dapat melakukan sesuatu
seperti yang dilakukan manusia. Sehingga ketika ingin membuat sistem Artificial
Intelligence (AI) perlu memikirkan bagaimana kita akan membuat sebuah mesin
dengan simulasi dan model layaknya manusia dalam melakukan aktivitas.
ü Logika Fuzzy
Komponen yang ketiga yaitu logika
fuzzy, membahas tentang “bagaimana manusia merasa?, bagaimana perasaan manusia
bekerja?”. Logika fuzzy disebut logika yang samar (ambigu/ketidakjelasan) atau
suatu konsep perasa. Logika yang samar artinya logika yang memiliki sebuah
nilai yang tidak hanya bernilai benar atau salah, tetapi dapat bernilai
diantara benar dan salah sebagai contoh “sedang”, “cukup” dan sebagainya..
Logika fuzzy digunakan agar mesin diharapkan dapat mempunyai unsur-unsur
perasaan seperti manusia sehingga mesin tersebut dapat mempunyai keinginan,
serta mengambil keputusan dengan perasaan layaknya manusia.
2.
Berikan penjelasan konsep Test
Turing kaitannya dengan sistem cerdas.
Jawab:
Pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa
tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise
Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19,
Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang
dapat diprogram.
Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead
menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika formal. Warren
McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap
ada dalam Aktivitas " pada 1943 yang meletakkan pondasi untuk jaringan
syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI.
Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin
Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan
naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang
ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan
buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan
ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan Turing
memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk
mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA,
sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses
mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah
di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali
dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan
Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain
Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan
kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi
dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar
pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk
mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara
meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul
John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield
menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan
dan optimasi pada jaringan syaraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan
Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan syaraf pada
memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali
algoritma pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritma
ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun
1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi
berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan
catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang
terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui
penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah
mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada
pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan
berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana
kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS,
komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus mil daerah
gurun yang menantang.
Metode Pengujian Kecerdasan yang dibuat oleh Alan
Turing.
a. Proses uji ini melibatkan penanya
(manusia) dan dua objek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan
satunya adalah sebuah mesin yang akan diuji.
b. Penanya tidak bisa melihat langsung
kepada objek yang ditanya.
c. Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban
computer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua objek tersebut.
d. Jika penanya tidak dapat membedakan
mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin
yang diuji tersebut dapat diasumsikan “cerdas”.
3.
Jelaskan pengertian dan jenis-jenis
Metode Pencarian dalam system cerdas.
Jawab:
Pengertian Kecerdasan Buatan :
ü Kecerdasan
buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan
instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal
yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.
ü Kecerdasan
Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan
hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia
ü Kecerdasan
Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi
pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol dari pada bilangan,
dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan
sejumlah aturan)
Secara garis
besar, AI terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu AI Konvensional dan
Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). AI konvensional
kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai
pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik.
Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI,
Good Old Fashioned Artificial Intelligence).
Metode-metodenya meliputi:
Metode-metodenya meliputi:
1. Sistem
pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah
sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan
menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi
tersebut.
2.
Petimbangan berdasar kasus
3.
Jaringan Bayesian
4.
AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada
pembentukan sistem AI secara manual
4. Sebutkan 3 bidang kajian
dalam system cerdas, dan knowledge apa yang diperlukan untuk masing-masing
bidang tersebut.
Jawab:
·
Sistem Pakar (Expert system )
Pada Expert System terdiri banyak
pengetahuan (knowledge) dari seorang pakar bidang tertentu dan seperangkat
aturan (rule) yang akan mencari dan mencocokkan knowledge sampai ketemu solusi
suatu masalah. Pengetahuan tersebut meliputi fakta-fakta, dalil-dalil yang
dibutuhkan untuk memecahkan masalah tersebut. Misalnya program Prospector yang
dibuat tahun 1978 untuk pemakaian di bidang geologi, basis pengetahuannya
(knowledge base) dibuat berdasarkan ilmu para pakar di bidang geologi. Program
MYCIN untuk membantu dibidang kedokteran khususnya untuk mendiagnosisi
penyakit.
·
Robot
Banyak Usaha yang diarahkan untuk
mendesain robot intelegen dalam industri. Perkembangan robotic ini mendorong
studi atau penelitian di bidang pengolahan visual, teknik pemecaha soal atau
pengontrolan bagian-bagian robot. Bidang pengolahan visual penting untuk
menambah kemampuan robot. Teknik pemecahan soal berhubungan dengan pembuktian
teori. Ini semua berkaitan dengan rancangan suatu bahasa pemrograman yang lebih
tinggi levelnya dan lebih fleksibel.
·
Bidang
Komputer dan Sains
Para
Peneliti kecerdasan buatan telah membuat banyak alat untuk memecahkan beberapa
masalah yang dapat dikategorikan paling rumit pada bidang komputer dan sains.
Kebanyakan dari penemuan mereka telah diambil alih oleh cabang ilmu komputer
dan sains dan tidak lagi menjadi bagian dari bidang ilmu kecerdasan buatan.
Namun, bidang ilmu kecerdasan buatan tetap saja sulit untuk dilepaskan dari
bidang ilmu ini, dikarenakan banyak bagian dari kecerdasan buatan yang
digunakan dalam bidang komputer dan sains ini. Salah satu contohnya adalah
konsep jaringan syaraf tiruan yang digunakan untuk mengkalkulasi probabilitas
kondisi-kondisi yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Beberapa daftar
aplikasi yang sebelumnya dikembangkan oleh para peneliti kecerdasan buatan adalah
GUI (Graphical User Interface), Kalkulasi koordinat mouse pada layar monitor,
manajemen penyimpanan otomatis, pemrograman dinamis serta pemrograman orientasi
objek.
5.
Jelaskan
beberapa penyajian knowledge yang anda ketahui, serta beberapa contohnya.
Jawab:
Pengetahuan manusia dimulai sejak
manusia mengenal informasi,
kemudian informasi yang didapat selanjutnya diteruskan kepada orang lain
melalui komunikasi. Komunikasi berlangsung antara manusia dengan manusia,
baik itu komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian,
pengetahuan dan informasi tersebut bergerak dinamis melalui organisasi dalam
berbagai cara, tergantung bagaimana organisasi memandangnya. Jika kita melihat
situasi saat ini, dimana hal yang pasti adalah ketidak pastian, maka ada satu hal
pasti yang akan menjadi sumber utama organisasi untuk mendapatkan
keberhasilan jangka panjang dan untuk tetap kompetitif, hal tersebut adalah
pengetahuan. Pengetahuan bagi organisasi merupakan modal intelektual yang
dapat dibeda–bedakan menurut jenis pengetahuan yang dimiliki seseorang.
Dilihat dari jenisnya, ada dua jenis pengetahuan, yaitu pengetahuan
explicit dan pengetahuan tacit.
kemudian informasi yang didapat selanjutnya diteruskan kepada orang lain
melalui komunikasi. Komunikasi berlangsung antara manusia dengan manusia,
baik itu komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian,
pengetahuan dan informasi tersebut bergerak dinamis melalui organisasi dalam
berbagai cara, tergantung bagaimana organisasi memandangnya. Jika kita melihat
situasi saat ini, dimana hal yang pasti adalah ketidak pastian, maka ada satu hal
pasti yang akan menjadi sumber utama organisasi untuk mendapatkan
keberhasilan jangka panjang dan untuk tetap kompetitif, hal tersebut adalah
pengetahuan. Pengetahuan bagi organisasi merupakan modal intelektual yang
dapat dibeda–bedakan menurut jenis pengetahuan yang dimiliki seseorang.
Dilihat dari jenisnya, ada dua jenis pengetahuan, yaitu pengetahuan
explicit dan pengetahuan tacit.
Pengetahuan eksplisit dapat
diungkapkan dengan kata-kata dan angka,
disebarkan dalam bentuk data, rumus, spesifikasi, dan manual. Pengetahuan tacit
sifatnya sangat personal, sulit diformulasikan sehingga sulit dikomunikasikan dan
disebarkan kepada orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa Explicit
Knowledge merupakan bentuk pengetahuan yang sudah terdokumentasi/
terformalisasi, mudah disimpan, diperbanyak, disebarluaskan dan dipelajari.
Contoh manual, buku, laporan, dokumen, surat, file-file elektronik, dsb.
Sedangkan Tacit Knowledge, merupakan bentuk pengetahuan yang masih
tersimpan dalam pikiran manusia. Misalnya gagasan, persepsi, cara berpikir,
wawasan, keahlian/kemahiran, dan sebagainya.
disebarkan dalam bentuk data, rumus, spesifikasi, dan manual. Pengetahuan tacit
sifatnya sangat personal, sulit diformulasikan sehingga sulit dikomunikasikan dan
disebarkan kepada orang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa Explicit
Knowledge merupakan bentuk pengetahuan yang sudah terdokumentasi/
terformalisasi, mudah disimpan, diperbanyak, disebarluaskan dan dipelajari.
Contoh manual, buku, laporan, dokumen, surat, file-file elektronik, dsb.
Sedangkan Tacit Knowledge, merupakan bentuk pengetahuan yang masih
tersimpan dalam pikiran manusia. Misalnya gagasan, persepsi, cara berpikir,
wawasan, keahlian/kemahiran, dan sebagainya.
Komentar
Posting Komentar